Loading...

12 Contoh Teks Berita Singkat (5W + 1H) Tentang Pendidikan, Bencana Alam, Banjir, Lingkungan, Kesehatan, Kebudayaan, Kesenian, Kecelakaan, Kebakaran, Olahraga, Politik dan Ekonomi

Advertisement
Teks berita adalah jenis teks narasi yang berisi laporan suatu kejadian, peristiwa atau informasi faktual (nyata) yang sedang terjadi maupun yang telah terjadi. Teks berita tidak boleh mengandung informasi yang bersifat fiktif, khayalan atau gosip. Teks berita harus berisi informasi atau fakta yang jelas-jelas kebenaran dan sumbernya. Sumber berita bisa berasal dari mana saja, baik media cetak maupun elektronik. Meskipun teks berita dibuat berdasarkan fakta, namun tidak semua fakta harus dibuat menjadi sebuah teks berita.
contoh teks berita yang mengandung unsur 5W + 1H dalam berbagai topik
Teks berita dikatakan berbobot atau berkualitas apabila mengandung unsur 5W + 1H. Maksudnya adalah, ketika sebuah teks berita menyebutkan “dimana” lokasi kejadian perkara dalam suatu peristiwa terjadi, itu berarti teks tersebut sudah mengandung satu unsur Where yang berarti dimana. Berikut ini adalah 6 contoh pertanyaan 5W + 1H pada teks berita yang jawabannya harus ada pada teks berita tersebut.
Unsur Berita
Contoh Pertanyaan
Who (Siapa)
Siapa yang menjadi pelaku dan korban dalam peristiwa tersebut?
Why (Mengapa)
Mengapa pelaku melakukan hal tersebut?
What (Apa)
Peristiwa apa yang terjadi?
When (Kapan)
Kapan peristiwa itu terjadi?
Where (Dimana)
Dimana peristiwa itu terjadi?
How (Bagaimana)
Bagaimana kronologis terjadinya peristiwa itu?

Sebuah teks berita yang baik dan benar setidaknya harus mengandung jawaban dari keenam pertanyaan di atas (atau yang sejenis 5W + 1H) agar teks tersebut menjadi berita yang utuh dan sempurna. Agar kalian lebih paham mengenai teks berita, berikut ini adalah beberapa contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5W + 1H dari berbagai topik, silahkan kalian baca dan pahami. Selamat belajar.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Pendidikan
Hanya 20 Persen SMA yang Memenuhi Standar

Para pemirsa. Di Sukabumi (dilansir dari harian Kompas) hanya 20 persen dari seluruh sekolah menengah atas, baik negeri maupun swasta yang memenuhi delapan standar otonomi pendidikan. Hal ini menyebabkan tujuan otonomi pendidikan untuk mewujudkan sekolah berbasis keunggulan lokal belum tercapai. (WhereWhat)

Menteri pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengatakan, bahwa delapan standar otonomi pendidikan yang harus dipenuhi sekolah adalah isi, kompetensi, pendidik, sarana, proses, pelayanan, pengelolaan, dan biaya. Jika delapan syarat itu terpenuhi maka akan ada ruang yang cukup lebar untuk tumbuhnya kreativitas dan kemandiriaan. Kewenangan menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah ini didelegasikan kepada pemerintah daerah sebagai bentuk desentralisasi pendidikan. (WhoHow)

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Depdiknas Sungkowo menyatakan, bahwa hambatan 80 persen SMA yang belum memenuhi standar tersebut adalah guru dan sarana. Dari segi kuantitas, jumlah guru di negeri kita sudah memenuhi syarat, tetapi tentang kualitasnya masih menjadi persoalan hingga sekarang. Kualitas guru ini menjadi persoalan dasar dalam otonomi pendidikan kita karena kurikulum tidak lagi ditentukan oleh pemerintah pusat akan tetapi disusun oleh sekolah, sedangkan pemerintah hanya memberikan standar minimal isi kurikulum. Jika kualitas guru masih menjadi persoalan maka pencapaian standar minimal isi kurikulum pun dipastikan akan sulit dilakukan. (WhatWhy)

Para pemirsa. Mengenai anggaran pendidikan, Bambang Sudibyo mengatakan bahwa tahun ini Depdiknas mendapatkan anggaran sekitar Rp50 triliun yang mana sebanyak 50 persen tersedot untuk penuntasan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun. Sedangkan sisa anggaran lainnya dialokasikan untuk pendidikan menengah dan tinggi. (How)

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Bencana Alam
Jika Daya Dukung Lingkungan Tidak Ideal

Pada 4 Februari 2002 yang lalu, banjir bandang dari Sungai Sampean menerjang Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pada tanggal 18 Januari dan 8 Februari 2008, bencana serupa kembali datang. Ratusan rumah, bangunan lain, serta berbagai infrastruktur di Situbondo dan Bondowoso rusak. Puluhan korban jiwa melayang. (WhenWhatWhere)

Hal ini disebabkan daya dukung alam daerah aliran sungai (DAS) Sampean rendah. Sehingga jika turun hujan deras cukup lama di hulu dan tanah tidak mampu menyerap maka air hujan langsung masuk sungai lalu mengalir sangat deras ke muara kemudian terjadilah banjir bandang. (How)

DAS Sampean seluas 1.347 kilometer persegi mencakup wilayah Kabupaten Bondowoso dan Situbondo. Daerah hulu berada di kompleks Gunung Arpopuro dan kompleks Gunung Roung, Kabupaten Bondowoso. Sedangkan muaranya berada di Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. (Where)

Berdasarkan data Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hukum Bondowoso 2007, luas hutan di Kabupaten tersebut 59.867,95 hektar (ha). Areal terdiri atas 30.863,70 ha hutan lindung dan 29.004,25 ha hutan produksi. Dari jumlah itu, 53.023 ha atau 88 persen berada di areal DAS Sampean dan menutup 33,99 persen lahan DAS. (How)

Hasil penelitian pengajar Universitas Brawijaya Malang Zaenal Kusuma mendapatkan, luas tutupan hutan di kawasan DAS minimal 44,18 persen. Kepala Urusan Humas Perum Perhutani KPH Bondowoso Priyono mengatakan, tahun 19,76 persen, padahal idealnya tak lebih dari 3,12 persen. Tegalan idealnya maksimal 20,27 persen, yang ada 27,70 persen. Permukaan maksimal 3,22 persen, ternyata ada 4,62 persen. (WhoHow)

Komposisi DAS yang tidak ideal menyebabkan sedimentasi di Sungai Sampean. Menurut Kinaryo, kedalaman Dam Sampean Baru di Kecamatan Tapen, Bondowoso, saat dinormalisasi tahun 2002 adalah 20 meter. sedangkan saat ini kurang dari 10 meter. Akibatnya, volume tamping Dam tersebut tinggal 60 persen. Namun, sampai sekarang pemerintah belum membangun sistem pengendali banjir di Sungai Sampean. (Why)

Agaknya, banyak pekerjaan rumah yang harus diajarkan pemerintah. Karena itu, perlu kesadaran semua pihak sebelum korban kembali berjatuhan.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Banjir
Banjir Terjang Bangka Belitung, Arus Lalu Lintas Tersendat

Banjir melanda puluhan rumah di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat. (WhereWhat)

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (18/7/2017), sedikitnya 47 unit rumah warga terendam akibat alur sungai meluap setelah hujan deras. (When)
Banjir yang berasal dari alur sungai ini meluber cukup deras menerjang puluhan rumah warga di sekitarnya dengan kedalaman air mencapai 80 sentimeter. (How)

Banjir membuat arus lalu lintas tersendat. Melihat kondisi ini pihak kepolisian dibantu warga sekitar membuat barikade untuk menuntun kendaraan yang melintas agar tidak terjebak di tengah kubangan air. (How)

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Lingkungan
Warga Tuntut Ganti Rugi Akibat Pencemaran Sungai

Sekitar 200 warga dari tiga kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, mendatangi kantor Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Lampung. Mereka mengadukan Pencemaran Sungai Way Terusain yang dilakukan PT Teguh Wibawa Bhakti Persada. Pencemaran sungai tersebut membuat ikan di keramba warga mati dan diperkirakan mereka rugi miliaran rupiah. (WhereWhat)

PT Teguh Wibawa merupakan perusahaan yang mengolah singkong menjadi tepung tapioka. Perusahaan ini berada di Kampung Gunung Batin Baru, Terusain Nunyai, Lampung Tengah. Izin operasi diberikan oleh Bupati Lampung Tengah pada 2005. Dalam sehari perusahaan tersebut mampu memproduksi 70  80 ton tepung tapioka. (Who)

Menurut Suhendro (salah satu warga Kecamatan Dente Teladas) bahwa sejak Januari 2008 air Sungai Way Terusan berwarna kuning dan baunya tak sedap. Padahal selama ini sungai itu menjadi sumber penghidupan warga. Mereka mengembangbiakkan ikan dalam keramba di sepanjang alur sungai. (How)

Warga menurut ganti rugi sekitar Rp20 miliar, untuk mengganti kerugian pemilik 264 keramba apung dan 400 hektar tambak tradisional serta 280 nelayan. Namun, perusahaan tidak bersedia memenuhi tuntutan itu. Pihak perusahaan hanya bersedia member ganti rugi Rp2 miliar yang mana setiap keramba hanya dihargai Rp400.000,00 padahal menurut warga setempat, setiap keramba menghabiskan ongkos minimal Rp1 juta. (Why)

Setelah dikonfirmasi oleh pihak yang bersangkutan, Kepala Bagian Umum CV Sinar Laut Group yang merupakan induk perusahaan PT Teguh Wibawa Bhakti Persada, Alianto mengatakan bahwa perusahaannya masih menghitung kerugian sebab variabel kerugiannya berbeda.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kesehatan
Lingkungan Bersih, Kesehatan Terjaga

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menetapkan kasus chikunguya di Jateng yang tahun ini mencapai 2.801 kasus sebagai kejadian luar biasa atau KLB karena pada tahun 2006 hanya ada 86 kasus. Meski penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes albopictus ini tidak menyebabkan kematian sebagaimana demam berdarah dengue atau DBD, masyarakat harus tetap waspada. (WhatWhere)

Meski bukan KLB, kasus DBD di Jateng juga meninngkat, dari 10.924 kasus dengan angka kematian 220 kasus (2006) menjadi 18.845 kasus dengan angka kematian 301 kasus (2007). Diperkirakan penyakit yang disebarkan nyamuk Aedes aegepty ini masih akan meningkat karena sesuai siklus tahunan peningkatan kasus DBD biasa terjadi pada Desember. (WhyWhen)

Peningkatan kasus kedua penyakit itu antara lain diakibatkan perubahan iklim. Akibat pemanasan global, suhu udara meningkat sejak 1990, curah hujan yang lebat juga meningkat hingga tiga persen per tahun. Diperkirakan, jika suhu udara meningkat tiga derajat Celcius, penularan penyakit melalui nyamuk meningkat dua kali lipat. Area penularannya juga meluas. Sayangnya, masyarakat kurang menyadari hal ini. Sebenarnya masyarakat dapat mengantisipasi kedua penyakit ini dengan menjaga kebersihan lingkungan, yaitu dengan melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan masing-masing. (How)

Perubahan kondisi lingkungan akibat pemanasan global juga menjadi media munculnya berbagai penyakit, seperti flu burung. Berdasarkan data per Juni 2007, jika masalah kebersihan lingkungan diabaikan, bukan tidak mungkin korban yang meninggal akibat flu burung di Jateng akan lebih dari delapan orang. (What)

Menjaga kebersihan lingkungan termasuk juga menjaga lingkungan tidak tercemar sehingga kasus ”penyakit misterus” yang menewaskan 10 warga Desa Kanigoro, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, tidak ditemukan lagi. Penyakit yang belakangan diketahui disebabkan oleh keracunan pestisida ini rawan terjadi di Jateng yang merupakan daerah pertanian. (Who)

Upaya pencegahan penyakit ini harus lebih digalakkan mengingat selama ini belum menjadi prioritas masyarakat. Hal ini juga harus dilakukan di tingkat pemerintah. Oleh karena itu, pada 2008 Pemprov Jateng mulai berencana membuat peraturan daerah pengendalian penyakit. (How)

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebudayaan
Menjelang Imlek, Warga Membersihkan Vihara

Dua hari lagi tanggal 10 Februari 2008, Tahun Baru Imlek 2559 datang. Ini berarti sudah semakin dekat untuk mempersiapkan penyambutan datangnya tahun tikus dalam penanggalan Cina dengan meriah. Bagi warga etnis Tionghoa di Bogor, Jawa Barat, itu artinya sudah saatnya mereka membersihkan tempat ibadah. Seperti yang mereka lakukan di Vihara Danagun. (WhatWhoWhere)

Puluhan warga bahu-membahu membersihkan ruang, perabotan, dan semua patung dewa dalam vihara tersebut. Patung-patung ini dimandikan secara khusus dalam sebuah ritual tahunan. Tak hanya itu, untuk memeriahkan acara menyambut Tahun Baru Cina, warga Tionghoa memasang pernak-pernik berbau Imlek di jalan-jalan Kota Bogor. (How)

Kemeriahan menyambut Imlek juga terasa di Semarang, Jawa Tengah. Walau demikian, warga di kota ini memiliki cara berbeda untuk menyambutnya. Mereka menggelar sebuah pasar kaget di wilayah Pecinan, Semarang yang disebut Pasar Semawis. Saat pasar dibuka, bukan hanya budaya Negeri Tionghoa yang dipertunjukkan. Budaya masyarakat setempat juga turut ditampilkan. Tak lupa tentunya sajian barongsai yang terus menghibur warga yang berkunjung ke Pasar Semawis. (WhereWhatHow)

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kesenian

Pameran Ekspresi Pelukis Pekalongan

Ratusan lukisan dengan berbagai tema dan aliran, terpasang rapi di ruang terbuka lantai tiga Mal Pekalongan, Kawasan Pasar Banjarsari, Kota Pekalongan, Sabtu, 22 Desember 2007. Kehadirannya terlihat memberi warna lain pada kawasan pusat perbelanjaan tersebut.  (WhenWhere)

Ratusan lukisan tersebut merupakan karya pelukis Kota Pekalongan, yang sengaja dipamerkan untuk masyarakat umum. Pameran bertajuk "Ekspresi Pelukis Pekalongan" itu diselenggarakan oleh Komunitas Pelukis Pekalongan bersama dengan Dewan Kesenian Kota Pekalongan, mulai 15 hingga 23 Desember 2007. (WhatWho)

Sebanyak 43 pelukis menampilkan karyanya di sana, di antaranya Jombor M Arifin, Aan Jindan, Agus Tanto, Taufik, dan Tamagung. Selain lukisan di atas kanvas, ada pula pelukis yang memamerkan lukisan di atas cangkang telur. Secara keseluruhan, lukisan yang dipamerkan sebanyak 150 buah.  (Who)

Koordinator pameran, Jombor M Arifin, mengatakan, pameran tersebut sebagai wujud kebangkitan dan sosialisasi pelukis Pekalongan kepada masyarakat. Selama ini, sebagian besar pelukis Pekalongan masih berkarya untuk lingkungannya sendiri. (Why)

Mereka jarang mengadakan pameran, baik di dalam maupun di luar kota, karena tidak memiliki jaringan yang luas. Biasanya, pameran hanya diselenggarakan oleh komunitas pelukis tertentu. (Why)

Padahal sebenarnya, potensi pelukis Pekalongan cukup tinggi. Mereka tidak hanya mampu menghasilkan karya lukis di atas kanvas, namun juga di atas media lain, seperti cangkang telur. Lukisan yang dihasilkan juga beragam, mulai dari lukisan yang bersifat realis, abstrak, hingga lukisan batik klasik maupun kontemporer. (How)

Oleh karena itu, untuk menggairahkan kehidupan seni lukis di Kota Pekalongan, diadakanlah pameran tersebut. Pelukis yang tampil tidak hanya yang sudah profesional namun juga pemula. Masing-masing menampilkan maksimal tiga foto.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan
Rem Blong, Sebuah Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan

Telah terjadi sebuah kecelakaan hebat kemarin malam di Jalan Tol Cipali pada tanggal 4 Maret 2015, sebuah Mobil Mewah ini dikemudikan oleh seorang anak muda yang bernama Agus, ia mengemudikan mobil dengan kecepatan diatas 120 KM/Jam. (WhatWhenWho)

Mobil bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak sebuah pembatas jalan sebab mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri berwarna merah itu untungnya tidak membuat kecelakaan hebat karena pada saat itu Tol Cipali terlihat macet dari arah sebaliknya. (Why)

Untungnya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya saja sang pengemudi mengalami luka berat dan kini masih di rawat di Rumah Sakit terdekat. (How)

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebakaran
Kebakaran Dayah Samahani Musnahkan 12 Ruang Belajar

Kebakaran Dayah Nurul Hikmah di Desa Leupueng Cut Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar menghanguskan 12 ruang belajar milik lembaga pendidikan keagamaan tersebut. (WhatWhere)

Laporan yang dipublish Pusdalops PB BPBD Aceh Besar menyebutkan, dayah yang berlokasi di Leupueng Cut itu dipimpin Ustaz M Saleh (70). Kejadiannya pukul 17.05 WIB. (When)

BPBD Aceh Besar mengerahkan 8 unit armada pemadam dari Pos Sibreh ke lokasi kejadian. Api berhasil dikuasai pukul 18.15 WIB. (Who)

Bangunan dayah yang berlokasi tidak jauh dari pinggiran Jalan Nasional Banda Aceh-Medan itu berkonstruksi dua lantai. Yang terbakar sebanyak 12 ruang kelas belajar, enam ruang di lantai atas dan enam ruang di lantai bawah. (How)

Kerugian akibat kebakaran masih dalam pendataan sedangkan penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik, namun untuk penyebab pasti masih dalam pengusutan pihak kepolisian. (Why)

Tim yang terlibat dalam penanggulangan kebakaran tersebut dari TNI/Polri, relawan RAPI, dan masyarakat setempat. (Who)

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Olahraga
Terjun ke Balap Sepeda, M. Fadli Tetap Jadi Instruktur Balap Motor

Jakarta  Muhammad Fadli akan turun di Asian Paracycling Championship. Meski sudah terjun ke dunia balap sepeda, Fadli disebut tetap memprioritaskan pekerjaannya sebagai instruktur balap motor. (WhoWhat)

Fadli akan mewakili Indonesia di nomor Individual Time Trial kategori C4 pada Kejuaraan Asia Para-Cycling, 24 Februari-3 Maret mendatang, di Bahrain. Itu menjadi ajang pertamanya setelah banting setir dari dunia balap motor. Fadli juga menjadi wakil Indonesia pertama di level Asia. (Where)

Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding dan Motorsport PT Astra Honda Motor, menyatakan dukungannya untuk Fadli. Anggono juga mengatakan bahwa Fadli sudah berkomunikasi dengannya terkait partisipasi dalam kejuaraan di Bahrain.

“Kalau izin, dia sudah bilang kepada kami bulan kemarin untuk ke Bahrain. Tapi dia bilang, prioritas pertama dia tetaplah jadi instruktur balap di Astra Honda karena di luar itu dia juga masih punya sekolah racing miliknya sendiri. Jadi jika waktu tidak benturan dan merepotkan ya tidak apa-apa,” kata Anggono saat dihubungi detikSport, Jumat (10/2/2017). (Why)

Anggono menambahkan, sejak menjadi pebalap Honda pada 2014, Fadli memang merupakan sosok berkarakter. Menurutnya, Fadli memiliki mental kuat dan terkenal supel. Tak hanya itu, Fadli juga cukup dihormati, bukan hanya oleh pebalap-pebalap seangkatannya, tetapi juga oleh para juniornya. (How)

“Fadli ini termasuk rider top Indonesia, itu yang pertama. Memang sangat disayangkan waktu kejadian itu terjadi, padahal saat itu dia sedang di top performance-nya kelas 600cc,” ujar Anggono.

“Dia juga punya mental yang kuat, supel, dan kami melihat apa yang dicita-citakan Fadli memang belum kesampaian. Makanya, kami harap apa yang dimimpikan Fadli bisa tertular ke juniornya. Jadi memang secara figur Fadli di-respect dengan pebalap seangkatan dia, apalagi yang di bawahnya.

“Harapan saya Fadli bisa berprestasi karena ini kali pertama dan langsung main di Kejuaraan Asia. Saya rasa dari PB ISSI menunjuk dia karena ada data, bukan hanya mengirim karena bekas pebalap. Yang pasti dia akan melakukan yang terbaik. Kalau juara tentu kami alhamdullilah,” katanya.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Politik
Persaingan Pencalonan Gubernur DKI Jakarta Semakin Memanas

Tinggal menghitung bulan, Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia akan memilih wakil rakyat yakni Gubernur baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang masa baktinya akan habis. (WhatWhere)

Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas, sebab akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent. Beberapa calon diantaranya yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih kita kenal dengan pak Ahok ini juga akan kembali mendaftar sebagai calon Gubernur Jakarta. (WhyWho)

Lalu ada Anies Baswedan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan juga ada Agus Harimurti Yudhoyono yang sebelumnya mengabdi sebagai TNI. (Who)

Persaingan di antara ketiganya akan berjalan sengit karena semuanya datang golongan orang yang berprestasi. Selain itu, perang gagasan dan visi misi juga sudah bertebaran di media masa. Untuk itu, kita tunggu saja siapa yang menjuarai pesta demokrasi periode 2017-2022 mendatang. (How)

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi Jatim di Bawah Target

Setahun mengarungi 2007, kinerja perekonomian Jatim mencatat bahwa kinerja ekonomi Jatim lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi, pertumbuhan ekonomi provinsi paling timur di pulau Jawa ini masih semu dan belum berkualitas. (WhatWhere)

Kepala bidang Neraca Wilayah BPS (Badan Pusat Statistik) Jatim R.A. Nurzaman mengatakan, jika dilihat dari angkanya menunjukkan jika performa perekonomian (PDRD) Jatim tumbuh sebesar 6,02 persen. Bandingkan dengan pencapaian di dua tahun sebelumnya yaitu 5,84 persen (2005) dan 5,80 persen (2006). "Meski sudah baik, tapi penuh dengan catatan," ujarnya dalam konferensi pers PDRB Jatim 2007, kemarin (15/02). (How)

Meski secara kinerja meningkat, tapi laju pertumbuhan tersebut jauh dari target RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) 2006-2008 yang dicanangkan oleh pemprov Jatim. Sesuai RPJM, proyeksi pertumbuhan Jatim di 2007 adalah 6,3 persen. Sementara di tahun ini dipatok pertumbuhan 6,5 persen. "Melihat bencana beruntun di dua bulan terakhir rasanya sulit untuk tembus. Ya minimal sama dengan tahun lalu," katanya. (Who)

Menurut Nurzaman, dampak lumpur Lapindo, memang tetap menjadi biang dari perlambatan pertumbuhan ekonomi Jatim. Dalam dua tahun terakhir, provinsi yang bersiap untuk menggelar hajatan politik Pilgub 2008 ini kalah dengan Jabar dalam hal pertumbuhan ekonomi. Kalau belum ada penanganan maksimal terkait infrastruktur dan relokasi industri, pertumbuhan ekonomi Jatim masih akan seperti ini. (Why)

Bisa dikatakan juga pertumbuhan ekonomi di Jatim juga belum merata dan belum signifikan menetes ke bawah. Dari angka kemiskinan hanya turun tipis dibanding tahun lalu yaitu dari 19,89 persen di 2006 menjadi 18,84 persen di 2007 dari sekitar 37 juta penduduk Jatim. (How)

Sementara itu berdasarkan Sakernas (Survey Angkatan Kerja Nasional) yang dilakukan Agustus 2007 lalu menunjukkan jika TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka yaitu penduduk 15 tahun ke atas yang dianggap produktif tapi belum bekerja menunjukkan kenaikan dari 5,74 persen menjadi 6,79 persen dari 29.10.338 juta penduduk Jatim pada usia tersebut. (How)

Sementara itu, Kasi Neraca Produksi BPS Jatim Setiyowati menjelaskan jika kontribusi pertumbuhan tertinggi masih disumbang oleh tiga sektor utama yaitu perdagangan-hotel-restoran, industri pengolahan, dan pertanian. (What)

Masing-masing sumbangannya bagi PDRB 2,77 persen, 0,99 persen, 0,67 persen. Dia menjelaskan, pendorong utama dari pertumbuhan ketiga sektor tersebut adalah meningkatnya kinerja subsektor perdagangan, subsektor industri alat angkutan, subsektor perkebunan, dan subsektor peternakan. Masing-masing mengalami growth 9,92 persen, 20,78 persen, 8,79 persen, dan 6,71 persen. (What)

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Recent Post