Loading...

Pengertian & Contoh Teks Nonberita Singkat + Cara Menentukan Hal-hal Penting dan Komentar/Tanggapan

Advertisement
Definisi Teks Nonberita
Teks nonberita adalah teks yang berisi informasi dan tidak bersifat untuk memberikan laporan. Teks nonberita dapat berupa artikel, tajuk rencana, atau opini. Teks nonberita dapat ditemukan dalam berbagai jenis media baik itu media cetak seperti koran dan majalah, maupun media elektronik seperti televisi dan internet.

Contoh Teks Nonberita Pendek
Agar kalian lebih paham mengenai apa itu teks nonberita, silahkan kalian baca contoh teks nonberita singkat tentang cara mengatasi masalah jetlag di bawah ini.

Langkah Mudah Atasi “Jetlag”
Mual, sulit tidur, tidak enak badan, emosi yang tidak stabil merupakan tanda-tanda seorang mengalami jetlag. Tak jarang, hal ini menjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas. Meski dianggap normal, adakah cara untuk mengatasinya?
contoh teks nonberita pendek tentang cara mengatasi jetlag
Jetlag terjadi karena adanya perbedaan waktu dari tempat keberangkatan ke daerah tujuan, sehingga tubuh kita dipaksa untuk menyesuaikan diri, yang disebut juga dengan circadian rhythms. Para ahli mengatakan, risiko jetlag lebih kecil pada perjalanan dari timur ke barat dibandingkan dari barat ke timur.

Berikut ini cara untuk mengatasi jetlag:
1. Sesampainya di tempat tujuan, sebaiknya segera sesuaikan jam biologis Anda, seperti jam makan dan tidur dengan waktu setempat. Hal ini akan membantu tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan waktu.
2. Biarkan tubuh diterpa sinar matahari setelah sampai di tempat tujuan atau membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar. Sinar matahari tersebut akan memberi rangsangan pada sel-sel tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Dengan demikian tubuh akan lebih cepat beradaptasi dengan waktu setempat.
3. Bila kedatangan Anda di tempat tujuan sudah dipenuhi dengan berbagai jadwal, sebaiknya pilihlah jadwal keberangkatan yang jam kedatangannya cukup jauh dengan jadwal yang pertama. Jeda waktu ini merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh beradaptasi dengan lingkungan dan waktu setempat.
4. Usahakan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga untuk memberi sistem kekebalan yang lebih pada tubuh. Dengan begitu, Anda pun tidak terlalu mudah terserang rasa pusing, dan sebagainya.
5. Pastikan bahwa Anda sudah tidur yang cukup pada malam sebelum keberangkatan.
6. Perjalanan yang kadang memakan waktu lebih dari sehari, bisa dimanfaatkan dengan melatih jam biologis untuk menyesuaikan diri di tempat tujuan. Misalnya, tidur di jam yang sesuai dengan waktu tujuan.
7. Cobalah untuk menggerakkan tubuh dengan berjalan-jalan di sekitar kabin pesawat. Cara ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kaki bengkak karena kurang lancarnya peredaran darah ke kaki akibat duduk yang terlalu lama.
8. Pastikan bahwa Anda meminum air mineral yang cukup banyak untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Cara Menentukan Hal-hal Penting dan Komentar/Tanggapan

Setelah membaca contoh teks non berita pendek di atas, kalian selanjutnya dapat melakukan analisis terhadap isi teks tersebut untuk menemukan hal-hal penting serta memberikan komentar atau tanggapan berkaitan dengan informasi yang disajikan. Adapun langkah-langkah analisisnya adalah sebagai berikut.
1. Ringkaslah isi teks tersebut, kemudian tulislah pokok-pokok penting isi teks itu!
2. Selanjutnya identifikasi dan tentukan pokok-pokok isi teks itu berdasarkan karakteristik fakta dan pendapat yang terdapat di dalamnya! Bila perlu, sertakan bukti dan alasan yang mendukung temuanmu tersebut!
3. Simpulkan hasil analisis terhadap isi teks itu serta berikan komentar atau tanggapan yang bisa kamu sajikan dalam bentuk tabel supaya lebih ringkas dan praktis.

Oke langsung saja kita mulai analisis teks nonberita di atas.
Pertama, kita ringkas isi teks tersebut. Berikut ini ringkasannya.
Mual, sulit tidur, tidak enak badan, emosi yang tidak stabil adalah tanda-tanda seseorang mengalami jetlag. Jatlag terjadi karena adanya perbedaan waktu dari tempat keberangkatan ke daerah tujuan, sehingga tubuh dipaksa untuk menyesuaikan diri. Berikut cara untuk mengatasi jetlag:
1. Sesuaikan jam biologis (ex. jam makan dan tidur) ketika sampai di tempat tujuan.
2. Biarkan tubuh terkena sinar matahari setelah sampai di tempat tujuan.
3. Atur jeda waktu keberangkatan di tempat tujuan.
4. Berolahraga.
5. Tidur cukup.
6. Menyesuaikan diri di tempat tujuan.
7. Sering menggerakkan tubuh ketika di dalam pesawat.
8. Cukup minup air mineral.

Berdasarkan ringkasan teks nonberita di atas, selanjutnya kita identifikasi pokok-pokok isi teks tersebut. Ada tiga pokok atau hal penting yang dapat kita temukan dari ringkasan tersebut, yakni:
1. Gejala Jetlag
2. Penyebab Jetlag
3. Cara mengatasi Jetlag

Terakhir, setelah kalian berhasil menentukan pokok-pokok teks nonberita di atas, kini saatnya membuat kesimpulan hasil analisis serta komentar atau tanggapan. Berikut ini adalah tabel kesimpulan hasil analisis teks nonberita yang berjudul Langkah Mudah Atasi “Jetlag”.
No.
Hal-hal Penting
Komentar atau Tanggapan
1.
Penyebab Jetlag adalah karena adanya perbedaan waktu dari tempat keberangkatan ke daerah tujuan, sehingga tubuh dipaksa untuk menyesuaikan diri
Jetlag merupakan hal yang normal atau wajar sehingga tidak perlu dicemaskan.
2.
Gejala Jetlag adalah mual, sulit tidur, tidak enak badan dan emosi yang tidak stabil.
Meskipun dianggap normal, namun Jetlag sangat mengganggu aktivitas sehingga perlu untuk diatasi.
3.
Cara mengatasi Jetlag adalah sesuaikan jam biologis, biarkan tubuh terkena sinar matahari, atur jeda waktu keberangkatan, berolahraga, tidur cukup, menyesuaikan diri, sering bergerak dan minum air mineral.
Ternyata, Jetlag merupakan masalah yang cukup mudah untuk di atasi.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Recent Post