Loading...

20 Contoh Teks/Paragraf Narasi Ekspositoris (Nonfiksi) dan Sugestif (Fiksi)

Advertisement
Paragraf atau teks naratif adalah bentuk teks yang berusaha menggambarkan dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca mengenai suatu peristiwa yang telah terjadi dalam urutan waktu (kronologi) tertentu. Berdasarkan sifatnya, karangan atau paragraf narasi dibedakan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.

 Paragraf narasi sugestif (imajinatif/fiksi)
Adalah paragraf yang menggambarkan rangkaian perbuatan sedemikian rupa dengan tujuan merangsang daya khayal/imajinasi pembaca. Contohnya cerpen, novel, dan roman.
 Paragraf narasi ekspositoris (faktual/non fiksi)
Adalah paragraf yang menggambarkan rangkaian perbuatan secara informatif dengan tujuan memberi pengetahuan. Contohnya biografi, autobiografi, dan laporan perjalanan.
20 Contoh Teks/Paragraf Narasi Ekspositoris (Nonfiksi) dan Sugestif (Fiksi)
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh-contoh teks atau paragraf narasi fiksi (khayalan) dan narasi non fiksi (nyata). Untuk itu silahkan kalian simak baik-baik dan selamat belajar.

Contoh Teks Narasi Sugestif (Fiksi)
Contoh 1
Nabi Sulaiman Menemukan Kubah
Suatu ketika Nabi Sulaiman berjalan-jalan di pantai untuk melihat kebesaran Allah di laut. Dengan kelebihan ilmu yang dimiliki, tiba-tiba Nabi Sulaiman melihat suatu benda di dasar laut. ”Benda itu sangat menakjubkan,” pikirnya. Nabi Sulaiman lalu memerintahkan Jin Ifrit untuk mengambil benda ajaib tersebut. Namun, Jin Ifrit tidak menemukan sesuatu di dasar, padahal berulang-ulang turun ke dasar laut.

Kemudian Nabi Sulaiman menyuruh jin yang lainnya. Akan tetapi, jin-jin lainnya pun tidak menemukan apa-apa di dasar laut. Akhirnya, Nabi Sulaiman menyuruh Ashif bin Barkhiya. Ia adalah seorang yang mempunyai ilmu langsung dari Allah. Ia mempunyai kekuatan tinggi. Ashif bin Barkhiya pun menyelam ke dasar laut. Ternyata, benda menakjubkan yang ia temukan itu adalah sebuah kubah yang terbuat dari mutiara. Kubah itu sungguh elok dan memesona. Kubah itu diangkatnya ke permukaan laut dan dibawa ke hadapan Nabi Sulaiman.

Contoh 2
Berlibur ke Rumah Nenek
Setiap libur akhir pekan, Ami selalu pergi ke rumah nenek. Nenek tinggal seorang diri. Oleh karena itu Ami sering berkunjung untuk menemani nenek. Terkadang Ani bertemu dengan sepupu-sepupu yang kebetulan berkunjung juga ke rumah nenek. Satu aktivitas yang disukai Ami saat berlibur ke rumah nenek adalah bermain bersama ikan koi peliharaan nenek. Nenek mempunyai peliharaan ikan koi yang besar-besar. Ami terbiasa berenang dan bermain bersama ikan koi. Tak lupa Ami juga memberi makan ikan tersebut. Ami sangat senang berlibur akhir pekan ke rumah nenek.

Contoh 3
Perjalanan ke Hutan
Siang itu Paijo pergi ke hutan untuk memburu babi hutan. Untuk dapat munuju hutan, Paijo harus melewati beberapa rintangan yang cukup sulit untuk dilewati. Hal yang pertama yang harus dilewati Paijo adalah hamparan sawah yang cukup luas. Kamudian semak-semak dan belukar yang cukup rimbun harus ia lewati pula. Tidak cukup disana saja, Paijo harus menyeberang sungai yang cukup deras arusnya meski tidak terlalu dalam. Setelah sungai berhasil dilewati, ia harus memanjat tebing yang cukup tinggi untuk bisa sampai ke pinggiran hutan yang banyak babi hutannya. Setelah melewati tebing, Paijo bisa dengan bebas berburu di hutan.

Contoh 4
Ulang Tahun Angelo
Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Angelo, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia sudah mulai curiga akan tingkah laku yang aneh dari temana-teman sekelasnya kepadanya. Benar saja, saat pulang sekolah tiba, teman teman Angelo memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya. Selain kue yang didapat dari teman temanya Angelo pun mendapat beberap hadia dan kartu ucapan dari sahabat sahabat yang ia sayangi.arusnya meski tidak terlalu dalam. Setelah sungai berhasil dilewati, ia harus memanjat tebing yang cukup tinggi untuk bisa sampai ke pinggiran hutan yang banyak babi hutannya. Setelah melewati tebing, Paijo bisa dengan bebas berburu di hutan.

Contoh 5
Safira dan Safria
Di sebuah hutan, hiduplah 2 orang anak kembar yatim-piatu yang bernama Safira dan Safria. mereka tinggal di sebuah gubuk dan keseharian mereka selalu berburu binatang untuk dimakan. Setelah beberapa lama kemudian, kedua anak tersebut ditemukan oleh saudagar kaya yang kebetulan sedang ingin berburu juga. Safira dan Safria pun di bawa ke rumah sang saudagar dan dijadikan sebagai aanak angkatnya.

Contoh 6
Hari Pertama Sekolah
Hari ini adalah hari pertama Faris bersekolah di SMAN 4 Semesta Alam. Ia bangun pukul 4.00 WIB, satu jam lebih awal dari biasanya. Ia segera ke kamar mandi. Salat Subuh ia lakukan tepat setelah azan selesai berkumandang. Pakaian seragam baru yang telah ia siapkan dari kemarin malam, dipakainya dengan rapi. Meskipun tidak biasa, ia mencoba sarapan pagi. Tepat pukul 6.00, ia berpamitan kepada kedua orang tuanya kemudian berangkat dengan harapan dan semangat baru.

Contoh 7
Penggalan Novel “Kubah” Karya Ahmad Tohar
“Pukul dua malam Marni bangkit. Mula-mula ia berjalan menuju kamar suaminya. Dipandangnya Parta yang tetap tertidur meskipun dengan tarikan-tarikan napas yang berat. Pundak lakilaki itu naik dan agak maju, ciri utama seorang penderita asma. Wajahnya pucat. Tulang pelipis dan tulang pipinya menyembul. Ketika rasa benci mulai merayap di hati Marni, ia berbalik ke dipan sebelah.

Di sana kedua anaknya lelap. Kesucian dua bocah itu tergambar pada kedamaian wajah mereka. Marni hanya membetulkan letak selimut anaknya lalu keluar. Ia masuk ke kamar Tini. Ditatapnya wajah gadis itu lama-lama. Hidung itu persis hidung Karman, juga bibir Tini. “Anakku, kukira benar kata orang. Kau cantik. Mudah-mudahan kau lebih beruntung dalam hidupmu. Berbahagialah, besok kau akan bertemu dengan ayahmu. Oh kau tak tahu siapa sebenarnya yang lebih berhasrat berjumpa dengan ayahmu.”

Contoh 8
Penggalan Novel “Gadis Pantai” Karya Ahmad Tohar
“Pukul dua malam Marni bangkit. Mula-mula ia berjalan menuju kamar suaminya. Dipandangnya Parta yang tetap tertidur meskipun dengan tarikan-tarikan napas yang berat. Pundak lakilaki itu naik dan agak maju, ciri utama seorang penderita asma. Wajahnya pucat. Tulang pelipis dan tulang pipinya menyembul. Ketika rasa benci mulai merayap di hati Marni, ia berbalik ke dipan sebelah.

Di sana kedua anaknya lelap. Kesucian dua bocah itu tergambar pada kedamaian wajah mereka. Marni hanya membetulkan letak selimut anaknya lalu keluar. Ia masuk ke kamar Tini. Ditatapnya wajah gadis itu lama-lama. Hidung itu persis hidung Karman, juga bibir Tini. “Anakku, kukira benar kata orang. Kau cantik. Mudah-mudahan kau lebih beruntung dalam hidupmu. Berbahagialah, besok kau akan bertemu dengan ayahmu. Oh kau tak tahu siapa sebenarnya yang lebih berhasrat berjumpa dengan ayahmu.”

Contoh 9
Penggalan Novel “Lentera Laksmini” Karya Novellet
Laksmini menangis terisak di dada Handoko. Ia merasakan batinnya lelah. Sejak kepulangannya ke tanah air. Sejak berita selebriti tinggal serumah, Ferry dan artis Nadia. Sejak gempa bergoncang di desa mereka. Sejak ayahnya meninggal. Sejak ibunya cidera dan masuk rumah sakit. Sejak ia merasa tertipu oleh Pak Banu.

Dan sekarang, Handoko menyatakan ingin menjadikannya seorang istri. Berbagai perasaan mengharu biru sanubari Laksmini. Rasa kecewa karena diingkari, rasa marah karena ditipu, rasa sedih ayahnya meninggal, rasa cemas ibunya di rumah sakit. Kini mereka akan menuju ke bahtera kebahagiaan.

Contoh 10
Kisah Anak Kembar
Di suatu hutan yang belantara, tinggal dua anak kembar yang sudah tidak memilki ayah dan ibu. Kedua anak kembar tersebut bernama Safa dan Marwa. Keduanya bertempat tinggal di satu buah Gubuk dan kegiatan hari hari mereka ada berburu binatang untuk sebagai makanan.

Sesudah beberapa waktu kemudian, kedua anak tersebut berjumpa dengan saudagar yang kaya sekali yang lagi melakukan perburuan di hutan. Safa dan Marwa pada akhirnya di ambil dan dibawa saudagar tersebut menuju rumahnya dan diangkat sebagai anak angkat.


Contoh Teks Narasi Ekspositoris (Non Fiksi)

Contoh 1
Thaksin dan Kekalahan Junta
Hasil pemilu hari Minggu, 22 Desember, dapat digambarkan sebagai kemenangan. Thaksin dan kekalahan Junta. Padahal, dalam skenario Junta, pemilu ingin digunakan untuk mendapatkan dukungan suara rakyat sebagai pembenaran atas kudeta September 2006 yang menggulingkan Thaksin dengan tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Di luar harapan junta, Partai Demokrat yang difavoritkannya kalah karena mayoritas rakyat Thailand memilih partai pendukung Thaksin, meski PM terguling yang berada di pengasingan itu dipojokkan junta dengan isu korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Terlepas dari soal menang dan kalah dalam perebutan 480 kursi parlemen itu, pemilihan demokratis ini diharapkan akan segera mengakhiri perpecahan dan polarisasi kalangan elite dan rakyat Thailand sejak kudeta militer 15 bulan lalu.

Contoh 2
Kamera Baru
Saya membeli kamera digital merek Olympus (tipe MJU 760) seharga Rp2.330.000 di Jakarta, pada tanggal 20 Januari 2008 dengan garansi resmi. hari keempat setelah dibeli ternyata lensa kamera macet dan tidak dapat digunakan tanpa ada kesalahan penggunaan, seperti jatuh atau terkena air. Pihak toko penjual menyatakan bahwa kerusakan karena kesalahan produk dan dianjurkan untuk diklaim ke Pusat Servis Olympus.

Contoh 3
Pengedar Uang Palsu Ditangkap
Tukiran, 49, warga Desa Jatipuro, Kecamatan Trucuk, Klaten, Jawa Tengah, ditangkap karena mengedarkan uang palsu, kemarin. Selain menangkap tersangka, petugas juga menyita barang bukti uang palsu pecahan Rp100 ribu senilai Rp1,5 juta.

Tersangka yang berprofesi tukang kayu ditangkap anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Trucuk dan kini ditahan di Kepolisian Resor (Polres) Klaten. Penangkapan dilakukan berkat laporan masyarakat tentang beredarnya uang palsu pecahan Rp100 ribu di Desa Kalikebo, Trucuk.

Berdasarkan informasi itu Tukiran ditangkap saat membeli rokok di toko dengan menggunakan uang palsu pecahan Rp100 ribu sebanyak 15 lembar. Kepada polisi, Tukiran mengaku telah tiga kali mengedarkan uang palsu, yaitu di Kalikebo, Srago, dan Jimbung. Hal itu dilakukan karena terdesak kebutuhan untuk membayar angsuran kredit sepeda motor.

Contoh 4
Penemuan Mobil
Penemuan mobil dimulai dari usaha seorang Austria yaitu S. Marcus (1875) membuat motor gas yang pertama. Sebetulnya sistem motor gas tersebut juga merupakan satu hasil dari rangakaian ide yang telah dikembangkan sebelum Marcus. Sungguh pun demikian, marcuslah yang telah membulatkan penemuan tersebut, dan yang untuk pertama kali menghubungkan motor gas dengan sebuah kereta sehingga dapat berjalan tanpa ditarik seekor kuda.

Itulah saatnya mobil menjadi suatu discovery. Jadi 30 tahun kemudian sesudah suatu rangkaian sumbangan-sumbangan dari sekian banyak pencipta lain yang menambah perbaikan mobil tersebut, barulah sebuah mobil dapat mencapai suatu bentuk sehingga dapat dipakai sebagai alat pengangkutan oleh manusia dengan cukup praktis dan aman.

Bentuk mobil semacam itu yang mendapat hak patent dari Amerika Serikat pada tahun 1911, dapat disebut sebagai permulaan dari kendaraan mobil yang pada masa sekarang menjadi salah satu alat yang amat penting dalam kehidupan masyarakat manusia. Dengan tercapainya bentuk itu, maka kendaraan mobil menjadi suatu invention.

Contoh 5
Pertentangan Pemuda dengan Sukarno-Hatta Mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Setelah tersebar berita kekalahan Jepang atas Sekutu pada tanggal 9 Agustus 1945, terjadi perbedaan pendapat antara golongan pemuda dan Sukarno-Hatta mengenai proklamasi kemerdekaan. Sukarno menginginkan agar proklamasi kemerdekaan harus ditetapkan oleh PPKI karena anggota badan ini berasal dari berbagai penjuru tanah air dan dianggap mewakili seluruh Indonesia.

Dengan ikutnya mereka, tercapailah simbol persatuan rakyat Indonesia. Sedangkan golongan muda yang dipelopori oleh Sukarni, Chaerul Saleh, Adam Malik, dan Wikana berpendapat bahwa kemerdekaan adalah hak yang harus dicapai oleh jerih payah bangsa Indonesia sendiri, dan tidak perlu tergantung, apalagi diberikan oleh orang lain.

Oleh karena itu, segala hubungan dan janji kemerdekaan dari Jepang harus dilepaskan. Perbedaan pendapat ini melahirkan peristiwa Rengasdengklok yang merupakan usaha pengamanan Sukarno-Hatta

Contoh 6
Revolusi Rusia 1917
Revolusi Rusia yang diawali pada 8 Maret 1917, dimana sekelompok perempuan di Petrograd berunjuk rasa akibat kekurangan bahan makanan dan semangat moral pendidikan mulai turun, menuntut pembagian roti diikuti oleh penjarahan pabrik-pabrik roti. Duma segera bertindak cepat dengan menyatakan dibentuknya Pemerintahan Sementara tanggal 12 Maret 1917. Tiga hari kemudian Tsar Nicolas II turun tahta.

Revolusi Maret ini terjadi sebagai akibat dari kerusuhan yang digerakan oleh orang-orang yang kelaparan di perkotaan yang ternyata didukung oleh seluruh negeri. Semua golongan dan partai politik menghendaki dilaksanakannya kemerdekaan dan demokratisasi.

Segera pemerintah sementara menyatakan kedudukan yang sama dalam hukum, agama, pers, parlemen, dan hak pekerja Revolusi Rusia telah menyulutkan terjadi perubahan-perubahan besar negara Rusia yang mula-mula mempunyai bentuk kerajaan absolut berubah menjadi diktator proletariat yang dilandaskan pada doktrin Marxis. Segenap lembaga kemasyarakatan, mulai dari bentuk negara sampai keluarga batih mengalami perubahan-perubahan yang mendasar.

Contoh 7
Perdagangan dan Pelayaran di Selat Malaka
Selat Malaka adalah salah satu pelabuhan yang terkenal di Indonesia. Pelabuhan Malaka digunakan sebagai tempat persinggahan atau merapatnya kapal-kapal dari segala penjuru dunia. Malaka merupakan tempat pertemuan pedagang-pedagang dari Arab, Persia, Gujarat, Indonesia, dan Cina.

Para pedagang yang melalui jalur selat Malaka terus menyusuri sampai ke India. Dari sini ada yang menuju ke Teluk Persia, melalui Suriah ke Laut Tengah. Ada pula yang menuju Laut Merah, melalui Mesir dan akhirnya sampai ke Laut Tengah. Selanjutnya setelah melintasi daerah Asia kecil, perjalanan diteruskan ke Eropa.

Di Malaka sistem perdagangan Indonesia dihubungkan dengan jalur-jalur yang membentang ke barat sampai India, Persia, Arabia, Syria, Afrika Timur dan Laut Tengah; ke utara sampai Siam dan Pegu; serta ke timur sampai Cina dan mungkin jepang. Ini merupakan sistem perdagangan yang terbesar di dunia pada masa itu, dan dua tempat pertukarannya yang penting adalah di Gujarat di India Barat Laut dan Malaka. Rempah-rempah Indonesia merupakan salah satu hasil yang paling berharga di dalam sistem ini.

Contoh 8
Jatuhnya Suharto Tahun 1998
Turunnya Soeharto dari kursi kepresidenan pada bulan Mei 1998 sungguh mencengangkan semua pihak. Mundurnya Soeharto dari kursi presiden didorong oleh beberapa faktor.

Pertama, semakin memburuknya situasi ekonomi saat itu. Berdasarkan analisis Hall Hill munculnya krisis moneter yang berkembang menjadi krisis ekonomi sejak Juli 1997 merupakan persoalan yang secara signifikan menyebabkan jatuhnya Soeharto.

Krisis yang awalnya dipengaruhi oleh terjadinya krisis ekonomi di Thailand, kemudian menimbulkan ketakutan para investor untuk melakukan bisnisnya tidak hanya di Thailand tetapi juga di negara Asia Tenggara.

Kedua, setelah terpilih sebagai presiden Soeharto untuk yang ketujuh kalinya, justru menunjukkan sikap yang sulit dimengerti.

Ketiga, gencarnya tuntutan reformasi dari mahasiswa dan pemimpin oposisi seperti Amin Rais, Megawati, dan Abdurrahman Wahid. Keempat, perpecahan elit di tubuh ABRI/TNI. Masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi jatuhnya pemerintahan Soeharto

Contoh 9
Meninggalnya Hamid Jabbar
Sabtu, tanggal 30 Mei: Ada e-mail pendek dari Agus R. Sarjono yang mengabari tentang meninggal nya Hamid Jabbar. Katanya, Hamid Jabbar (HJ) meninggal selepas acara baca puisi. Saya kaget, sedih, dan langsung meminta informasi tambahan dari Agus, ingin tahu tentang hari-hari terakhir kawan baik saya yang telah berpulang. Jawaban Agus segera sampai: Malam itu (29 Mei) ada orasi budaya di UIN Jakarta.

Orasi pertama Romo Magnis Suseno, kedua Bang Hamid, ketiga Putu Wijaya baca cerpen, kemudian Jamal D. Rahman baca puisi dan berorasi. Setelah itu harusnya tampil Franky Sahilatua memainkan musik-musiknya. Tiba-tiba HJ bilang kepada panitia dia akan membaca puisi juga. Waktu sebetulnya mepet dan jatahnya Franky, tapi HJ mengatakan bahwa dia akan membaca puisi, setelah itu langsung pulang. “Saya janji, habis baca puisi saya benar-benar pulang." HJ pun membaca puisi dan mendapat sambutan meriah.

Kemudian, ia membaca sajak kedua. Di tengah pembacaan ia mengangkat kedua tangan dan berteriak di puncak pembacaan, kemudian perlahan-lahan tertunduk. Penonton terpukau, HJ kemudian perlahan-lahan jongkok. Penonton terpaku. Kemudian, ia teguling di panggung dalam keadaan terlentang. Tepuk tangan dan sedikit tawa para penonton. Satu menit berlalu. Penonton bertanya-tanya. Memasuki tiga menit mulai terjadi, HJ diangkut ke klinik, dan ketika diperiksa beliau sudah tidak ada.

Contoh 10
Perjuangan Ir. Soekarna
Di tanggal 4 Juli 1927, Partai Nasional Indonesia atau PNII didirikan oleh Soekarno dengan tujuan supaya Indonesia bisa secepatnya merdeka. Akan tetapi realitanya  pada tanggal 29 Desember 1929, penjajah Mengirim beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung hingga tanggal 31 Desember 1931.

Kemudian beliau bebas lalu ikut berpartisipasi dengan  partindo. Akan tetapi untuk kedua kalinya beliau ketahuan kemudian ditangkap lalu diasingkan di Ende Flores di tahun 1933. Lalu Belanda memindahkannya ke Bengkulu.

Sesudah melewati berbagai perjuangan dalam waktu yang cukup lama, akhirnya beliau ditemani dengan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan resmi Indonesia di tanggal 17 Agustus 1945

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Recent Post