Loading...

25+ Contoh Paragraf Deskripsi (Singkat & Panjang) Tentang Lingkungan, Hewan, Sekolah, Manusia, Tumbuhan, Benda dan Sebagainya

Advertisement
Paragraf deskriptif adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan jelas sehingga pembaca seolah-olah menyatakan atau mengalami sendiri hal atau peristiwa yang digambarkan. Dalam menulis paragraf deskripsi, penulis dituntut untuk menjabarkan objek yang telah dilihatnya secara detail. Aspek-aspek yang menjadi pemaparan penulis dalam karangannya bisa berupa keadaan, tempat, sifat dan perasaan.


Paragraf atau teks deskriptif dapat pula disebut paragraf pemerian karena paragraf tersebut bertalian dengan usaha untuk memberikan perincian-perincian dari objek yang sedang dibicarakan atau diamati. Oleh karena itu sangat tepat jika paragraf deskriptif selalu digunakan untuk menggambarkan objek-objek hasil observasi.
25+ Contoh Paragraf Deskripsi (Singkat & Panjang) Tentang Lingkungan, Hewan, Sekolah, Manusia, Tumbuhan, Benda dan Sebagainya
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai contoh-contoh paragraf deskripsi yang bertopik tentang lingkungan, sekolah, hewan atau binatang, manusia, tumbuhan dan benda baik dalam bentuk paragraf panjang maupun paragraf singkat. Untuk itu, silahkan kalian simak penjelasan berikut ini. Selamat membaca dan belajar.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Lingkungan
Contoh 1:
Keindahan Alam Pantai Pangandaran
Ketika berada di pantai, tentu ada keinginan untuk me nyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Begitu pula, ketika berada di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, matahari terbit dan terbenam dapat disaksikan dengan indah. Bentuk semenanjung dari Pantai Pangandaran membuat kita bisa menikmati matahari terbit di sisi pantai timur dan tenggelam di sisi pantai barat.

Pemandangan Pantai Pangandaran sangat memesona. Di sebelah kanan terlihat perbukitan yang memanjang. Sementara itu, di sisi kiri terdapat perkampungan nelayan dengan beraneka perahu tradisional. Selain itu, di sisi kanan pun terdapat hutan cagar alam Pananjung yang dipakai sebagai penyangga ekosistem sekaligus tujuan wisata.

Di pantai ini pun banyak dipenuhi kios cinderamata, peng inapan, dan toko kelontong. Hal ini sangat menarik jika mengabadikan pantai dengan teman atau keluarga dalam media foto atau video. Selain itu, hal ini pun dapat dijadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Contoh 2:
Tanjung Lesung Resort
Liburan panjang kemarin kamu pergi ke Tanjung Lesung Resort. Air laut yang tenang memberi keindahan tersendiri saat memandangnya dari beranda Krakatau Bar, Tanjung Lesung Resort. Sebuah pemandangan yang menakjubkan, serasa berada persis di bibir pantai karena pantulan warna air dari kolam renang di depan bar seakan menyatu dengan air laut. Tak berlebihan jika banyak yang melukiskan keindahan pantai ini laksana surga.

Contoh 3:
Sungai Yeh Ayung
Sungai Yeh Ayung adalah sebuah sungai terpanjang di Bali. Dengan panjang 68,5 km, sungai ini melewati Kabupaten Bangli, Badung, Gianyar, dan Kota Denpasar. Muara sungai ini terletak di sebelah utara Pantai Padang Galak, Sanur. Sedangkan hulu sungai berada di Kintamani, Bangli.

Di kawasan Gianyar, Sungai Ayung dimanfaatkan untuk wisata rafting atau arung jeram. Sungai ini memang dikenal memiliki arus yang deras dan menantang sehingga banyak yang ingin melakukan arung jeram disana. Air dari sungai ini juga dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah di sekitarnya dengan sistem Subak.

Contoh 4:
Keindahan Kota Magetan
Aku adalah seorang penduduk dari salah satu kota yang ada di Indonesia. Kota yang aku tempati adalah sebuah kota kecil tetapi sangat indah yaitu bernama kota magetan. Mungkin karena saking kecilnya kota ini membuat nama ini begitu asing bagi telinga kalian. salah satu kota yang menjadi batas antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah.

Yang berada tepat di bawah lereng Gunung Lawu, karena termasuk dalam wilayah pegunungan kota ini sangat segar dan sejuk. Sehingga kota ini memiliki julukan ASRI yaitu Aman, Segar, Rindang dan Indah. Selain itu kota ini juga memiliki salah satu tempat wisata andalan yaitu Telaga Sarangan.

Kota magetan adalah salah satu kota yang sepi penduduk, apabila telah memasuki malam setelah  Isya kota ini akan sepi. Walaupun kalian sedang berada di daerah perkotaan, kecuali untuk hari sabtu malam, khususnya di alun alun. Kota ini memiliki satu alun-alun dengan luas sekitar 800 m persegi yang berada tepat di depan Masjid Agung.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Sekolah
Contoh 1:
Taman Depan Sekolahku
Taman depan sekolahku tampak sederhana. Bentuknya seperti parabola yang disandarkan miring ke pagar depan. Pada posisi tengah dibentuk kolam kecil, arena bermain ikan emas dan gurame, sedangkan di kanan kiri kolam ada batu bulatan yang menyerupai pagupon. Amat unik.

Taman ini tidak luas, bahkan bisa dikatakan sangat kecil jika dibandingkan luas pekarangan sekolah. Lebih kurang 40m2 terlihat semakin indah dengan aneka ragam bunga yang menghuninya.

Sebelah kiri dan kanan pohon palm, 4 m tingginya. Daunnya cukup lebat berdampingan dengan batu pagupon. Tepat di samping kiri, hampir batas taman terdapat pohon cemara. Setiap pohon palm dan pohon cemara termasuk batu pagupon tadi, dikelilingi bunga-bunga yang berwarna-warni.

Contoh 2:
Lapangan Sekolah
Lapangan sekolah kami berada tepat di tengah-tengah gedung sekolah. Di setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka bunga dan tumbuhan lainnya. Lapangan tersebut berukuran setengah 100 x120 meter. Lumayan luas, bukan?

Selain untuk upacara penaikan bendera, kadang kami menggunakan lapangan tersebut untuk bermain basket atau sepak bola. Di sebelah utara, tepatnya di dekat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun di sebelah timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian tertentu ada lubang yang berguna sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak takraw.

Contoh 3:
Keadaan Sekolah di Pagi Hari
Ruangan itu masih tampak sepi ketika aku datang. Hanya ada tiga orang murid, termasuk aku. Di luar sana, tepatnya di halaman, hanya ada beberapa anak sedang ngobrol. Pak Samin, tukang kebun sekolahku, terlihat sedang menyapu halaman. Sementara, Pardi, anaknya yang baru berumur lima tahun, terlihat ikut membantu ayahnya menyiram tanaman. Makin siang, makin banyak murid yang datang. Beberapa diantaranya langsung masuk keruangan mereka. Ada juga yang mampir ke kantin atau sekadar duduk di taman sambil membaca buku.

Contoh 4:
Tiang Bendera
Sekolahku memiliki tiang bendera dengan tinggi sekitar 7 meter. Letaknya berada di sebelah barat lapangan. Tiang tersebut terbuat dari besi dan dicat putih. Di bawahnya terdapat podium berukuran besar dengan bahan batu granit. Konon junior di sekolah ini dilarang menginjak podium itu. Jika melanggar, akan dikenakan sanksi oleh OSIS sekolah. Setiap hari Senin diadakan upacara bendera. Bendera kemudian diturunkan pada sore harinya.

Contoh 5:
Keindahan Sekolahku
Sekolahku memiliki kawasan bersih dan sangat indah, dan memiliki udara yang sangar sejuk. Karena sekolah tersebut berada tepat dibawah lereng Gunung Merapi. Yang memiliki halaman parkir dan bola voli yang luas pada bagian depan sekolah. Pada bagian samping kiri sekolah ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan, sehingga melengkapi keindahan sekolahku.

Karena termasuk sekoah favorit, lantai semua ruangan pada sekolahku sudah memakai keramik. Sekolahku memililki sekitar 30 ruang kelas, sehingga sekolahku terlihat luas. Karena semua ruang kelas berada tepat di atas tanah atau tidak di tingkat.

Sekolahku memiliki sebuah masjid yang biasa digunakan sholat oleh guru maupun para siswa. Bukan hanya itu masjid di sekolahku juga biasa digunakan untuk kegiatan sekolah. Seperti halnya pondok ramadhan, persentasi atau untuk pelajaran agama.

Karena termasuk sebagai salah satu sekolah yang maju, sekolahku memiliki 4 laboraturium yang berbeda. Warna seragam olahraga merah hitam menjadi ciri khas dari sekolahku. Selain itu waktu masuk tercepat juga menjadi salah satu keunikan dari sekolahku.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Hewan

Contoh 1:
Blacky
Aku memiliki kucing bernama Blacky, dia berwarna hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus. Blacky sangat suka bermain bola dan gemar memakan ikan dan nasi. Blacky selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan. Itulah Blacky kucing keakunganku.

Contoh 2:
Gajah
Gajah adalah mamalia darat terbesar yang dikenal karena memiliki belalai dan gading. Gajah merupakan hewan herbivora yang dapat memakan semua jenis vegetasi seperti rumput, daun, dan buah. Hewan ini memiliki kulit berambut tipis, empat kaki, memiliki ekor, dan bertelinga lebar.

Gajah biasanya hidup berkelompok. Karena memiliki daun telinga yang lebar, pendengaran gajah menjadi sangat sensitif sehingga mampu mendengar suara dari jarak sekitar sepuluh kilometer. Hewan ini termasuk hewan langka yang dilindungi. Banyak pemburu mengincar gajah karena harga gadingnya yang sangat mahal.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Manusia
Contoh 1:
Santi
Gadis yang berambut ikal dan berkulit sawo matang itu bernama Santi. Ia dilahirkan di Kota Medan, 7 Juli 1996. Umurnya 10 tahun. Kedua orang tuanya menjulukinya si kancil yang pintar, karena selain pintar ia pun sangat lincah dan periang.

Hobinya membaca, menulis surat, dan bermain sepatu roda. Ia juga suka bermain lompat tali dan congklak dengan teman-temannya. Kemudian, hal yang paling berkesan dalam hidupnya adalah ketika ia menjadi juara menyanyi. Adapun pandangan hidupnya, kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana-mana.

Contoh 2:
Temanku yang Baik tapi Tertutup
Selama aku mengenalnya, dia adalah sosok yang baik dan menyenangkan. Dia juga selalu tahu bahwa aku sedang berduka atau kesusahan tanpa pernah sekalipun aku menceritakan kepadanya. Tak ayal, dia pun sering membantuku melewati masa-masa sulit yang kualami.

Sayangnya, dia memiliki sifat yang tertutup dan terlalu lugas saat berbicara. Hal itulah yang membuat jumlah teman-temannya sedikit dibanding dengan yang lainnya. Padahal, jika orang-orang mau memahami dan menerima sifatnya, niscaya mereka akan mendapat perlakuan baik seperti yang telah aku rasakan.

Contoh 3:
Sujasmin
Di sudut dekat pintu duduk seorang laki-laki. Namanya Sujasmin. Dia memakai celana pendek dan baju kaos yang telah sobek-sobek, yang melukiskan kemelaratan dan kemiskinan yang sehari-hari dideritanya. Pada dadanya yang bidang dan berisi, lengannya yang kukuh penuh urat dapat dilihat betapa berat pekerjaan sehari-harinya.

Contoh 4:
Pak Budi
Pak budi merupakan salah satu guru disekolahku. Rambut pak budi berwarna hitam serta pendek dan rapih. Warna rambut pak budi begitu kontras dengan warna kulit sawo matangnya. Pak budi juga memiliki mata yang begitu sipit dan berwarna biru.

Dan juga memiliki alis yang begitu tebal. Dai memiliki tubuh tinggi dan besar. Tingginya sekitar 170 cm dengan berat 60 kg. Tubuhnya yang sangat atletis itu membuat pak budi bercita-cita menjadi seorang polisi,tetapi nasib yang telah membawanya menjadi seorang guru. Dan kini sekarang pak budi menjadi salah satu guru IPA disekolahku.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Tumbuhan
Contoh 1:
Pohon Mangga
Aku memiliki pohon mangga di sudut tenggara rumah. Tingginya sekitar 4 meter dan sudah bercabang banyak. Ayahku secara rutin memangkasnya supaya tidak menjorok ke jalan dan rumah tetangga di sebelahnya. Saat musim berbuah, aku melindungi bakal buah dengan plastik supaya tidak dimakan binatang. Buahnya sangat manis dan nikmat. Aku sangat suka menaiki ranting pohonnya karena kuat dan bisa dijadikan tempat berteduh.

Contoh 2:
Buah Kersen
Buah kersen merupakan buah yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura. Buah ini berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau saat baru tumbuh. Menjelang matang, warna buah ini akan menguning dan perlahan-lahan menjadi merah ketika matang. Diameter buahnya berkisar 1-1,5 cm. Tekstur buah ini sangat lembut dan mirip seperti biji-bijian yang bentuknya sangat kecil, serta mempunyai rasa yang manis.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Benda
Contoh 1:
Kursi Ruang Tamu
Kursi yang disimpan di ruang tamu itu terlihat sangat indah. Warnanya yang biru muda sangat cocok dengan warna dinding ruangan itu. Kursi empuk yang dibalut kain berbahan halus itu berbentuk setengah lingkaran di sudut ruangan. Kaki kursi tidak terlihat karena seluruhnya ditutupi kain. Kursi itu pun dihiasi bantal berenda yang cantik.

Contoh 2:
Bintang Antares
Barangkali pembaca mengenal bintang Antares, yaitu bintang yang paling terang di rasi Scorpio, warna bintang ini kemerah-merahan. Antares adalah sebuah bintang raksasa, jari-jarinya 300 kali jari-jari matahari (atau 200 juta kilometer).

Andaikan matahari memuai sebesar itu, planet-planet Merkurius, Venus, dan Bumi akan “tertelan” oleh matahari. Demikian besar bintang Antares tersebut, tetapi materi bintang ini renggang sekali, rata-rata hanya mengandung materi sebanyak 0,0001 gram setiap cm3-nya.

Contoh 3:
Ruang Kerjaku
Ruangan kerjaku sekaligus tempat tidurku sangat nyaman. Berukuran 7 x 8 meter sehingga sangat lapang dan nyaman ditempati. Aku melakukan bisnis online sehingga aku bisa melakukannya dimana saja termasuk di ruangan yang berada di lantai tiga ini. Terdapat kaca jendela besar menghadap ke timur sehingga aku bisa menikmati matahari pagi dan suasana pagi yang cerah.

Tempat tidurku berada di pojok kamar menghadap ke selatan. Aku memilih tempat tidur single bed supaya tidak memakan banyak tempat. Meja kerjaku menghadap langsung ke jendela supaya aku mendapatkan pandangan luas yang mungkin saja bisa memberiku inspirasi.

Di pojok lainnya terdapat rak buku yang berisi koleksi buku favoritku mulai dari majalah, buku teks, biografi, novel, sampai non fiksi. Di sebelahnya juga terdapat televisi yang dilengkapi home theater bahkan Playstation 4 untuk hiburan sejenak. Di dekat tempat tidur terdapat lemari es kecil untuk menyimpan minuman dingin atau cemilan.

Contoh 4:
Sepeda Kesayanganku
Aku memiliki sepeda yang berwarna biru laut, yang sering aku gunakan untuk pergi ke sekolah. Selain aku gunakan untuk pergi kesekolah, sepeda itu juga sering aku gunakan untuk bermain dengan kawan-kawanku. Sepeda tersebut adalah salah satu hadiah yang diberrikan orang tuaku saat aku juara kelas.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Makanan
Contoh 1:
Bolu Pandan
Saat bolu pandan buatannya dihidangkan kepadaku, wangi pandan langsung tercium oleh indera penciumanku. Saat aku mencicipinya, tekstur lembut dan manis langsung menyeruak ke dalam mulutku.Sungguh, dia pandai sekali membuat kue ini!

Contoh 2:
Dendeng Balado
Dendeng Balado adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar, lalu dijemur di bawah sinar matahari yang terik. Hal itu dilakukan agar daging tersebut menjadi kering.

Setelah usai dijemur daging tersebut lalu digoreng hingga kering dan matang, lalu kemudian diberi bumbu balado yang terbuat dari cabai dan bumbu lainnya. Bumbu balado tersebut membuat warna dendeng menjadi kemerah-merahan. Tekstur dagig yang kering, serta rasa pedas dari bumbu balado akan terasa di lidah saat Dendeng Balado disantap.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Kejahatan
Contoh:
Penyelundupan Rudal
Banyaknya penyelundupan sejumlah senjata rudal jenis Strela SA-7 buatan Rusia dari Kamboja ke Thailand dan meningkatnya aksi terorisme mengkhawatirkan negara-negara Asia-Pasifik. Senjata rudal jenis ini sangat ringan dibandingkan kedahsyatan akibat yang ditimbulkannya.

Pesawat tempur sekuat apapun akan jatuh terkapar terkena hantamannya, apalagi hulu ledak SA-7 ini dilengkapi inframerah sehingga dapat mencari dan mengejar sasaran dengan sendirinya. Ke mana pun pesawat terbang berlari Rudal SA-7 akan mengejar dan memburunya seolah mempunyai mata dan nyawa.

Panjang Rudal SA-7 hanya 1,40 meter tidak lebih dari rentangan tangan seorang anak kecil usia 10 tahun. Lebar akupnya hanya 0,30 meter dengan daya jangkau 500 sampai dengan 5.000 meter. Walaupun hulu ledaknya hanya 1,1 kg Rudal ini tergolong high explosive mempunyai daya ledak tinggi.

Oleh sebab itu sangat berbahaya jika digunakan oleh teroris, terutama jika ditembakkan ke pesawat-pesawat komersial. Pasti kena dan pasti hancur.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Seni
Contoh:
Pameran Kerajinan Australia
Pameran karya kerajinan pengrajin Australia di Museum Nasional, Jakarta, menyuguhkan karya dengan sentuhan seni modern. Ada mangkuk, teko, perlengkapan minum, botol, vas, lampu minyak, nampan, dan sebagainya ditata dalam nuansa satu gaya. Warna-warna yang khas dan natural pada karya kerajinan itu menimbulkan citra tersendiri di mata pengunjung.

Apalagi ruangan yang sejuk dan tata cahaya seimbang menambah kesan barang-barang yang dipamerkan begitu menarik. Tidak hanya itu, alunan lembut musik tradisional Australia yang disuguhkan dalam ruangan pameran, dengan sound system di kiri kanan ruangan membuat para pengunjung merasa nyaman.

Ingin rasanya kami memiliki salah satu saja barang yang terpampang di ruangan ini. Cuma harga yang ditempelkan itu yang membuat kami kecewa. ”Mahal!” ”Mana mungkin kita mampu beli jika standar harganya dolar”. Ungkap salah satu rekan kami, dengan penuh kesal.

Contoh Teks Deskriptif Tentang Rumah
Contoh:
Rumah Yulisa
Rumah Yulisa terletak di depan rumahku, yang mana di halaman rumahnya terdapat pohon mangga yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga indah menghiasi depan rumah Yulisa.

Dinding rumah Yulisa berwarna putih dengan pintu dan jendela yang berwarna hijau. Serta lantai keramik yang berwarna putih bersih membuat rumah Yulisa sangat enak dipandang.

Di dalam rumah Yulisa posisi barang-barang sangat diperhatikan sehingga semua tertata rapi. Lantainya bersih serta harum ruangannya membuat orang yang singgah mau berlama-lama di dalamnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Recent Post